Shodiqin I 18 September 2015 (Koran Wawasan Semarang) – Sebanyak 40 siswi SMA Semesta Boarding School Semarang mengikuti kegiatan “Journalism Training and Women Leadership Program for Female Student” di SMA Semesta Boarding School Semarang, Rabu (16/9) sampai Kamis (17/9).
Kegiatan selama dua hari ini terselenggara atas kerjasama Lentera Foundation dan Persatuan Jurnalis Muslim Indonesia (PJMI) bekerjasama dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta.
Ketua Lentera Foundation, Arisman, Msi, menyampaikan, pelatihan ini merupakan bagian dari pengembangan program “Youth Development”  yang kali ini digelar untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan tentang dunia jurnalistik dan konsep kepemimpinan perempuan di kalangan  santri ataupun siswa.
Dalam pelatihan ini sejumlah trainer yang berasal dari kalangan jurnalis senior dan aktivis LSM memberikan materi serta pengalaman yang diperolehnya. Diantaranya, dasar-dasar jurnalistik, teknik wawancara dengan baik dan penulisan berita, serta pemahaman tentang media online. Selain itu, peserta juga dibekali dengan wawasan dan pengetahuan tentang konsep “Women Leaderships”.
“Kami berharap, pelatihan ini menargetkan para peserta agar memiliki kemampuan dalam menulis karya jurnalistik sesuai materi yang diberikan,” paparnya.
Selain itu, pelatihan ini juga sekaligus menjadi kegiatan yang turut mendorong para  peserta untuk bisa menulis dan menghasilkan karya jurnalistik baik itu di media cetak, radio dan televisi maupun di media-media online seperti blog dan lainnya.
Dorongan ini tentunya juga dibarengi dengan penyadaran kepada para peserta bagaimana memanfaatkan dan menggunakan media komunikasi secara positif,” jelasnya.
Bekal Kepempinan
Sementara, Ketua Persaudaraan Muslim Indonesia Mohammad Antono menambahkan, untuk pelatihan di bidang kepemimpinan. Peserta yang memperoleh materi tentang konsep bagaimana kaum perempuan, khususnya generasi muda memberikan kontribusi positif dengan terlibat dalam proses pengembangan organisasi, pengambilan keputusan, teknik negosiasi dan juga social enterpreneurship.
“Diharapkan kelak, peserta mampu memiliki bekal serta kepercayaan diri dalam hal memimpin,” paparnya.
Kepala Sekolah Semesta Boarding School Moh.Haris menyambut baik kegiatan pelatihan ini. Menurutnya, pelatihan ini sangat berharga bagi para siswa untuk lebih meningkatkan kemampuan dalam bidang menulis dan jurnalistik serta kepemimpinan.
“Kami berhara pelatihan ini bisa menambah pengetahuan dan kemampuan para murid dalam menghasilkan karya jurnalistik, khususnya bagi murid yang tergabung dalam dalam journalist club di lingkungan sekolah,” harapnya.
Salah satu peserta Nilna Majda kelas XI D SMA Semesta Boarding School mengaku senang bisa mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistis dan kepempinan ini. Baginya pelatihan ini merupakan yang pertama kali.
Kalau biasanya hanya bisa belajar jurnalistik dari media sosial, sementara kali ini bisa belajar langsung dari pemateri-pemateri yang sudah bergelut di dunai jurnalistik.
“Saya merasa senang sebab, banyak ilmu dan pengalaman yang diberikan kepada kami,” kata Nilna
adidas ultra boost olive green adidas nmd xr1 triple black boost releases september 17th adidas nmd xr1 triple black release date europe adidas nmd xr1 core black official images adidas nmd xr1 core black release date adidas nmd r1 solar red adidas nmd xr1 core black adidas nmd colored boost coming soon adidas nmd colored boost release date adidas nmd r1 solar red releases next week adidas nmd r1 solar red adidas nmd r1 reverse reflective adidas nmd reverse reflective black white adidas nmd reverse reflective nike tennis classic ac pack adidas nmd preps winter wool execution adidas nmd r1 winter wool official images detailed look adidas nmd winter wool collection adidas nmd reverse reflective black white adidas nmd r1 black reflective